Bergerak Menuju Fakultas yang Kompetitif Kancah Nasional dan Internasional, Fakultas Syari’ah Resmikan Sharia International Center

Salatiga– Membawa semangat mewujudkan visi dan misi Fakultas, Dekan Dr. Siti Zumrotun serahkan SK Kepengurusan kepada ketua Terpilih Heru saputra bertempat di aula Gedung Dekanat Fakultas Syari’ah IAIN salatiga (13/9).

Sudah beberapa lembaga hukum mengajukan kerjasama kepada Fakultas Syari’ah untuk kebutuhan ahli bahasa inggris spesialisasi Hukum Islam untuk menganalisa perkara. Selain itu, beberapa institusi luar negeri yang dianggap sesuai dengan visi misi pengembangan hukum Islam Fakultas Syariah yang bisa diajak bekerjasama dalam pengembangan hukum secara luas pada umumnya, dan hukum Islam pada khususnya. Harapannya, keberadaan Sharia International Center untuk menjadi Fakultas Hukum yang kompetitif di kancah nasional dan internasional, ungkap Zumrotun.

Baca juga  Tingkatkan Mutu Profesi Advokat APSI Jateng Gandeng Fakultas Syari’ah IAIN salatiga

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Syariah, Dr. Ilyya Muhsin, S.H.I., M.Si., menambahkan bahwa penguasaan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab mutlak dibutuhkan demi internasionalisasi Fakultas Syariah. Selain kerjasama dengan institusi luar, lanjut dia, pengembangan bahasa bagi internal sivitas akademika juga menjadi hal yang sangat penting, sehingga perlu dibentuk sebuah wadah untuk menjalankan pengembangan Bahasa di Fakultas Syariah.

Sementara, Heru Saputra selaku ketua terpilih mengaku siap mengemban amanah tersebut.

Ia mengungkapkan, Fakultas Syariah IAIN Salatiga terus bergerak mencapai visinya menjadi fakultas yang kompetitif, sampai ke kancah internasional, salah satunya dengan membentuk Sharia International Center.

“Kami sudah menyiapkan list institusi dalam dan luar negeri yang siap dirangkul untuk mengembangkan bidang hukum islam atau syariah ini, serta menyiapkan instrument pengembangan Bahasa baik Arab maupun Inggris sebagai pilar utama,” paparnya.

Baca juga  Tantangan dan Peluang Fakultas Syari’ah dalam Merespon Perubahan PMA No: 33 Tahun 2016 Fakultas Syari'ah Gelar Workshop Review Kurikulum

Ia juga menjelaskan, bahwa pernyataan dekan dan wakil dekan di atas sebenarnya merujuk tiga fungsi dan tugas Sharia International Center.

“Pertama, melaksanakan pengembangan Bahasa, utamanya mengenai tes TOEFL dan TOAFL, serta Bahasa Inggris spesialisasi hukum islam (syariah),” ujar Heru.

Kedua, lanjutnya, lembaga ini bertugas memberikan bimbingan dan pendampingan beasiswa bagi mahasiswa dan sivitas akademika Fakultas Syariah.

Saat ini banyak sekali beasiswa yang dibuka oleh lembaga internasional dan pemerintah luar negeri terutama di bidang hukum, yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen Fakultas syariah IAIN salatiga.

“Ketiga, memperluas kerjasama fakultas syariah IAIN salatiga di tingkat nasional maupun internasional,” tuturnya.