OPAK (Orientasi Pengenalan Akademik Kemahasiswaan) Fakultas Syari’ah, IAIN Salatiga tahun 2017

“WE BELIEVE WE CAN CONTRIBUTE TO THE  NATION…”

adalah semangat yang diteriakkan bersama-sama dengan lantang oleh Peserta dan jajaran Panitia OPAK (Orientasi Pengenalan Akademik Kemahasiswaan) Fakultas Syari’ah, IAIN Salatiga tahun 2017. OPAK pada tahun 2017 ini terasa sangat spesial karena diselenggarakan berdekatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 tahun. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi OPAK Fakultas Syari’ah 2017 mengambil slogan “We Believe We Can Contribute to the Nation” yang mempunyai arti Kami Percaya Kami Bisa Berkontribusi untuk Bangsa, dengan maksud adalah bahwa Mahasiswa Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga dapat berkontribusi dan berperan untuk kemajuan Bangsa Indonesia.

OPAK 2017 dalam pelaksanaannya adalah 4 hari, mulai tanggal 8-11 Agustus 2017. Pada tanggal 8-9 Agustus merupakan OPAK Institut yang berarti semua Fakultas menjadi satu, sementara pada tanggal 10-11 Agustus-lah kemudian OPAK Fakultas diselenggarakan dan salah satunya Fakultas Syari’ah. Peserta OPAK Fakultas Syari’ah yang juga merupakan Mahasiswa Baru pada tahun ini berjumlah ± 450 orang, yang terdiri dari 3 Jurusan yaitu HKI (Hukum Keluarga Islam), HTNI (Hukum Tata Negara Islam), dan HES (Hukum Ekonomi Syari’ah).

Di hari pertama OPAK Fakultas Syari’ah pada pagi harinya seluruh peserta dengan dibantu Kakak-kakak Asuh dari HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) HKI, HTNI, dan HESdiajak untuk membuat video koreografi guna menyambut HUT NKRI ke 72. Koreografi tersebut diantaranya membuat formasi tulisan IAIN SALATIGA dengan latar belakang bendera merah putih dan selanjutnya formasi tulisan CINTA NKRI di sertai jajaran pulau-pulau di Indonesia.

Koreografi yang dilaksanakan di lapangan Desa Kembang Arum ini memang sedikit tidak sesuai rencana yaitu tidak dibuatnya tulisan FAKULTAS SYARI’AH dikarenakan pertimbangan teknis, namun hal tersebut tidak membuat koreografi ini menjadi tidak menarik  buktinya kemudian menjadi magnet tersendiri untuk masyarakat desa Kembang Arum yang ada di sekitar Kampus 2 IAIN Salatiga ikut menonton koreografi ini. Video koreografi ini dapat ditonton di YouTube dengan nama channel Dema Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga, serta di akun Instagram @demafsyariah_iainsalatiga.

Kegiatan selanjutnya yaitu pembukaan OPAK Fakultas Syari’ah 2017 secara simbolis oleh Dekan Fakultas Syari’ah, dan setelah itu pengenalan segenap Dosen dan Karyawan. Kemudian kegiatan yang juga menarik yaitu materi kemahasiswaan bagi peserta OPAK yang disampaikan oleh Dosen yang diharapkan membuat mahasiswa baru dapat termotivasi untuk giat dan aktif saat di Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga. Pada siang menjelang sore segenap anggota SEMA (Senat Mahasiswa) dan DEMA (Dewan Mahasiswa) melakukan perkenalan baik tugas dan susunan anggotanya. Seluruh kegiatan ini dilaksanakan di Kampus 2 IAIN Salatiga.

Pada hari kedua yang masih bertempat di Kampus 2 tak kalah menariknya dari hari pertama, peserta OPAK diajak untuk melakukan debat hukum yang bertujuan untuk membangun nalar kritis bagi mahasiswa baru Fakultas Syari’ah di mana diketahui Fakultas Syari’ah sendiri juga merupakan fakultas hukum. Pada siang harinya kemudian melaksanakankegiatan selamatan dan makan bersama untuk memupuk kebersamaan dan solidaritas segenap sivitas akademika di Fakultas Syari’ah sekaligus sebagai ditandainya akhir dari OPAK Fakultas Syari’ah.

Walaupun OPAK Fakultas berakhir di siang harinya, namun kemudian seluruh mahasiswa baru IAIN Salatiga diajak ke Kampus 3 IAIN Salatiga untuk ikut dalam acara “Inspiring Alumni, Inagurasi, dan Musik untuk Bangsa” bersama Menteri Ketenagakerjaan RI Bpk. M. Hanif Dhakiri, S.Ag., M.Si. yang juga merupakan sarjana alumni IAIN Salatiga, serta tak k etinggalan juga mengundang penyanyi Kikan ex. Band Cokelat untuk turut serta menghibur. Acara yang sangat meriah ini adalah sebagai akhir dari serangkaian OPAK IAIN Salatiga secara keseluruhan.

Oleh : Div. Jurnalistik dan Pers Dema Fakultas Syari’ah, IAIN Salatiga 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *