Category Archives: Berita

SEMINAR NASIONAL 2017

SEMINAR NASIONAL KEBANGSAAN

“Tantangan NKRI di Tengah Penetrasi Ideologi Transnasional”

Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga telah menggelar acara Seminar Nasional dengan tema yang sangat aktual  di Indonesia yaitu “Tantangan NKRI di Tengah Penetrasi Ideologi Transnasional” yang digelar di Auditorium Kampus 1 IAIN Salatiga pada hari Kamis 7 Desember 2017, Pukul 08.00 s/d 13.00 WIB. Acara tersebut dihadiri oleh 200 peserta dari Perguruan-perguruan Tinggi se Jawa Tengah, Parpol-parpol di lingkungan Salatiga, Instansi-Instansi pemerintahan dan swasta di Salatiga, Semarang dan sekitarnya, dosen-dosen IAIN Saalatiga dan mahasiswa Fakultas Syari’ah.

Adapun awal manual acara Seminar Nasional tersebut adalah pembukaan yang disambut oleh Dekan Fakultas Syari’ah ibu Dr. Siti Zumrotun, M.Ag., dan resmi dibuka oleh Rektor IAIN Salatiga bapak Dr. Rahmat Hariyadi, M.Pd.

Setelah pembukaan, dilanjutkan inti acara yaitu pemaparan para pemateri nasional, yang dimoderatori oleh Dr. Illya Muhsin, M.Si. Pemaparan yang pertama yaitu  Prof. Dr. Muh. Zuhri, M.A., beliau memaparkan tentang Hubungan antara “Agama dan Negara Perspektif Hukum Islam”.

Dilanjutkan pemateri yang kedua yaitu Prof. Mahfud, M.D., S.H., S.U. tentang “Pancasila sebagai Prismatika Konsep antara Negara dan Agama”, beliau sangat matang sekali dalam menjelaskan di depan audien, beliau berkata bahwa khilafah sebagai sistem kenegaraan tidak ada landasannya di dalam Al Qur’an dan Sunnah/Al Hadist, bahkan beliau berani menantang semua orang untuk berdebat terkait khilafah sebagai sistem kenegaraan, “kalau ada yang bisa menunjukkan sistem baku khilafah dari Al-Qur’an dan Al Hadist maka saya akan ikut memperjuangkan khilafah bersama”.

Ketika suasana begitu hangat, moderator meminta Prof. KH. Drs. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. untuk memaparkan pendapat beliau, dan beliau menjelaskan dan menambahi tentang khilafah dan apa makna khilafah sebenarnya, bahkan beliau menceritakan sejarah awal mula timbulnya khilafah dan perkembangnya, beliaupun menjelaskan keadaan perkembangan Islam di dunia sejak zaman nabi sampai saat ini, menarik kesimpulan bahwa Indonesia tidak bisa dibuat dengan sistem khilafah seperti yang telah digaungkan oleh kelompok-kelompok radikal itu. Suasana tambah hangat lagi dengan semangat dan ketegasan beliau ketika memaparkan, beliau begitu menggebu-gebu karena sangat yakinnya beliau terkait apa yang beliau jelaskan. Beliau berkata Islam paling tergilas setelah Revolusi Industri  karena telah membuang Experimental Sciences.

OPAK MAHASISWA BARU FAKULTAS SYARI’AH

Salatiga- Dalam rangka menyambut mahasiswa baru, Fakultas Syariah memberikan wadah Orientasi Pengenalan Akademik Kemahasiswaan (OPAK) dengan beberapa aspek untuk disampaikan yang harus diketahui mahasiswa baru Syari’ah. OPAK juga diisi beberapa acara penyaringan bakat kompetensi mahasiswa baru seperti: Lomba membaca kitab kuning, Lomba Qiro’, Lomba debat dan beberapa lomba lainnya. Harapan dari acara tersebut, fakultas syariah pada khususnya ingin menyaring bakat yang perlu rangkul agar kedepan bisa menjadi mahasiswa syariah yang membanggakan dengan kompetensi yang dimiliki.

Salah satu mahasiswa peserta lomba membaca kitab kuning pun mengakui acara ini bermanfaat sekali untuk membangun motivasi-motivasi mahasiswa berpacu dalam kompetisi akademik. Fakultas Syariah pun menaruh harapan kepada mahasiswa-mahasiswa agar bisa menjadi pemimpin masa depan yang memiliki bakat kemahiran dan kompetensi yang multi talenta untuk bisa membanggakan Negara Indonesia pada umumnya dan untuk Fakultas Syariah khusunya.

MAHASISWA BARU FAKULTAS SYARI’AH TAHUN 2017/2018

Alhamdulillaahi rabbil ‘alamiin, Segala puji hanya milik Allah Swt. Sholawat serta salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad beserta seluruh keluarga, sahabat dan pengikutnya yang setia.

Pada tahun akademik 2017/2018 ini, mahasiswa baru IAIN Salatiga adalah sejumlah 3.165 (Tiga ribu seratus enam puluh lima) orang. Sebanyak 463 mahasiswa baru telah bergabung dengan Fakultas Syari’ah :

  • 129 mahasiswa baru di jurusan Hukum Keluarga Islam (HKI),
  • 187 mahasiswa baru di jurusan Hukum Ekonommi Syari’ah (HES),
  • 147 mahasiswa baru di jurusan Hukum Tata Negara (HTN).

Harapan dan do’a kami kepada seluruh mahasiswa, khususnya mahasiswa baru IAIN Salatiga, Fakultas Syari’ah pada khususnya. Semoga Allah Swt. memudahkan seluruh langkah perjuangan kalian, hingga mendapatkan ilmu yang barokah, manfaat di dunia dan akhirat.

PENGUMUMAN PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU TAHUN AJARAN 2017/2018

Screenshot_1Daftar Kelulusan – UM PTKIN 2017 IAIN Salatiga

Daftar Nama Lolos Seleksi Berkas Jalur Undangan Gelombang 2

Daftar Nama Lolos Seleksi Berkas Jalur Undangan Gelombang I

Pengumuman Registrasi UM-PTKIN 2017

UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT TERKAIT PENERIMAAN MAHASISWA BARU FAKULTAS SYARI’AH SILAHKAN HUBUNGI CONTACT PERSON DI BAWAH INI :
CHIORUL HUDA, S.H.I., M.H. : 082227129677
NUZLIA : 08998566759
NAF’A : 085641496860
AMBAR : 085640566947

Pelepasan Wisudawan-Wisudawati dan Temu Alumni Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga Tahun 2016

Acara pelepasan wisudawan wisudawati dan temu alumni Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga yang dilaksanakan pada Senin 31 Oktober 2016 di Auditorium Lantai 3 Kampus 2 ini adalah bentuk kesyukuruan dari Fakultas Syari’ah atas berhasilnya meluluskan mahasiswa Fakultas Syari’ah yang berjumlah 24 orang dari jurusan Ahwal-Al-Syakhsyiyyah (AS) dan Hukum Ekonomi Syari’ah (HES). Acara tersebut dihadiri oleh segenap pengelola Fakultas Syari’ah dan juga Dema dan Sema Fakultas Syari’ah. Bukan itu saja, Fakultas Syari’ah juga mengundang beberapa alumni Fakultas Syari’ah untuk ikut hadir dalam acara tersebut.
Setelah acara pelepasan wisudawan dan wisudawati secara simbolis yaitu dengan beberapa sambutan dan pemberian kenang-kenangan, dilanjutkan seminar dengan tema “Peluang dan Tantangan Alumni dalam Meraih Beasiswa Pascasarjana Program LPDP”. Yang mana disampaikan oleh seorang dosen IAIN Salatiga yang telah mendapatkan beasiswa dari LPDP yaitu Ibu Win Listyaningrum Arifin, M.Pd
Antusias dan respon hadirin sangatlah baik dan menggembirakan, dan berharap dari terselenggaranya acara ini dapat menjadi awal yang baik dan pemicu semangat untuk para wisudawan dan wisudawati khususnya dan para alumni Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga pada umumnya, untuk bisa bersaing dan mampu menghadapi tantangan zaman, semoga ilmu yang sudah diperoleh menjadi ilmu yang bermanfaat.

SEMINAR NASIONAL BERSAMA KOMISI YUDISIAL (KY)

1

2

SEMINAR NASIONAL
PROBLEMATIKA HAKIM DAN PERADILAN
REKONTRUKSI
IDEAL SISTEM PERADILAN DI INDONESIA
Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ahwal Al-Syakhsyiyyah telah menyelenggarakan seminar nasional dengan mengundang pembicara dari Komisi Yudisial Republik Indonesia. Acara ini diselenggarakan pada hari kamis (22 september 2016) di auditorium kampus 1 Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Tema “problematika hakim dan peradilan di Indonesia” dipilih oleh panitia karena hakim merupakan salah satu pilar yang penting dalam penegakan hukum di Indonesia.
Uraian tentang hakim dalam perspektif islam telah dikupas dengan cerdas oleh pembicara pertama, Yusuf Khumaini S.H, M.Hi, untuk mengawali pembahasan dalam acara tersebut. Elza Faiz, S.H, M.H., selaku pembicara dari komisi yudisial, mengemukakan temuan-temuan empiris berkaitan dengan kinerja hakim di Indonesia di hadapan 400 peserta yang hadir di acara tersebut.
Antusiasme mahasiswa terhadap acara ini sangatlah bagus. Hal ini terbukti dari adanya peserta yang datang dari kampus lain seperti Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo semarang, Universitas Kristen Sanata Dharma (UKSW) dan beberapa kampus lainnya dalam lingkup wilayah jawa tengah. Tidak hanya itu, Komisi Yudisial juga membagikan Doorprize kepada peserta yang bertanya dalam acara tersebut dengan membagikan kaos yang bertuliskan “Komisi Yudisial RI”.
Harapan dari terselenggaranya acara ini, selain untuk meningkatkan kualitas intelektual mahasiswa di bidang hukum, kita semua berharap acara ini dapat menjadi awal yang baik untuk fakultas syariah dalam menjalin kerjasama dengan institusi lembaga Negara dalam hal ini Komisi Yudisial dan kedepannya, kami berdoa agar fakultas syariah semakin baik, Amin.

KULIAH UMUM FAKULTAS SYARI’AH IAIN SALATIGA

IMG-20160919-WA0011

KULIAH UMUM FAKULTAS SYARI’AH IAIN SALATIGA
TEMA
“PARTAI POLITIK ISLAM DALAM PENTAS POLITIK NASIONAL UNTUK MEWUJUDKAN INDONESIA EMAS”.

Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga menggelar Kuliah Umum, dengan tema “Partai Politik Islam dalam Pentas Politik Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Emas”. Acara ini diselenggarakan Hari Senin 19 September 2016, Pkl. 08.00-12.00 WIB, di Gedung Aula Kampus 1 IAIN Salatiga, Jl. Tentara Pelajar, No. 02 Salatiga.
Hadir dalam acara tersebut Bapak Ir. H. Muchammad Romahurmuziy, M.T sebagai pemateri. Beliau adalah Ketua Umum DPP PPP dan Anggota Komisi III DPR RI. Dihadiri juga oleh 500 peserta dari segenap civitas akademika kampus, yakni dari jajaran Rektor, Dekan, dan Dosen-dosen Fakultas Syariah serta mahasiswa Fakultas Syari’ah Program studi Ahwal-Al-Syakhsyyiyah (AS), Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) dan Hukum Tata Negara (HTN).
. Kuliah Umum ini digelar dengan harapan agar para civitas akademika mampu mengerti, mendalami dan memperkaya wawasan tentang kiprah partai politik di Indonesia khususnya partai politik Islam. Harapan yang lain adalah agar para mahasiswa apabila mengikuti sebuah partai politik baik di kancah nasional maupun lokal tidak terjebak dalam politik yang tidak sehat apalagi sampai bertentangan dengan peraturan hukum dan juga Syari’at Islam.

PRAKTIKUM PENGEMBANGAN PROFESI (Praktikum Peradilan) Di Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Salatiga Tahun 2016

sidang Semu PA

sidang semu PN

Dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan serta keterampilan keahlian praktek tanpa menghilangkan teoritik, IAIN Salatiga khususnya jurusan Hukum Perdata Islam atau Ahwal Al-Syakhsyiyyah (AS) memberikan mata kuliah praktikum peradilan kepada mahasiswa dan memberi kesempatan untuk melakukan praktikum pengembangan profesi ini di Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama. Pelakasanaan praktek ini ditujukan agar mahasiswa bisa mengaplikasikan teori-teori yang sudah dipelajari dalam perkuliahan di lapangan kerja.

Praktek Peradilan ini dilaksanakan pada tanggal 22 juli 2016 sampai tanggal 19 agustus 2016. Mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok dalam kegiatan pengembangan profesi ini. satu kelompok berada di Pengadilan Agama (PA) selama dua minggu dan satu kelompok berada di Pengadilan Negeri (PN) selama dua minggu. kemudian satu kelompok yang tadinya di PA pindah ke PN begitu sebaliknya selama dua minggu juga.

Kegiatan ini di laksanakan pada setiap semester VII dan tidak lebih dari empat minggu. Pada kegiatan tersebut, mahasiswa melakukan observasi mengenai sistem administrasi Pengadilan seperti struktur organisasi Pengadilan, prosedur berperkara, administrasi penanganan perkara secara kronologis dari pendaftaran hingga sampai eksekusi putusan. Kemudian pada hari-hari terakhir kegiatan ini, mahasiswa melakukan praktek pengadilan semu atau tiruan di PA dan PN tersebut agar mahasiswa mendapat pengalaman untuk bisa mengadili dan memutus perkara seperti dalam persidangan yang sebenarnya.

Kegiatan ini diharapkan mampu menujang kemampuan mahasiswa yang telah mendapatkan teori-teori dalam perkuliahan dan mengaplikasinya di masyarakat sesuai dengan Hukum Islam dan Undang-Undang yang berlaku.

 

OPAK (Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan) FAKULTAS SYARI’AH TAHUN 2016

khtaman al quran

opak 1

opak -1

Opak Fakultas Syariah dilaksanakan pada senin 22 agustus 2016 sampai dengan selasa 23 agustus 2016. Dengan tema “Membangun Integritas Mahasiswa Fakultas Syari’ah Sebagai Bekal Menjadi Ilmuan Dan  Praktisi Hukum Yang Religius Dan Profesional”. Peserta opak fakultas syariah secara global berjumlah 262 peserta, untuk prodi Ahwa-Al-Syakhsyiyyah (AS) 62 mahasiswa, Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) 98 mahasiswa dan Hukum Tata Negara (HTN) 67 mahasiswa dan di tambah dengan mahasiswa lama berjumlah 32 mahasiswa.

Pada pagi tadi pukul 07.30 acara checking peserta dilakukaan di depan Akademik Fakultas Syari’ah. Setelah itu kemudian peserta opak melakukan jabat tangan dengan para dosen dan karyawan fakultas syari’ah sebelum masuk ke aula fakultas syari’ah untuk mengikuti acara pembukaan opak.

Setelah itu acara opak di buka langsung oleh dekan fakultas syari’ah

 

Sambutan Dekan Fakultas Syari’ah pada acara pembukaan OPAK

syariah

Sambutan pada acara Pembukaan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga

Oleh: Dekan Fakultas Syari’ah

Senin, 22 Agustus 2016

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Kepada terhormat Bapak-bapak wakil dekan fakultas syari’ah

Yang saya hormati para Kajur, Sekjur,  Direktur LKBHI fakultas syari’ah dan kasubag serta staf akademik fakultas syari’ah

Panitia OPAK dari Dema, Sema, HMJ AS dan HMJ HES, HMJ HTN yang tak kenal lelah dan selalu semangat menyambut mahasiswa baru dalam acara opak fakultas syari’ah

Para Mahasiswa baru Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga yang berbahagia dan yang kami cintai dan kami banggakan

Pertama-tama marilah Puji syukur kita panjatkan pada Allah SWT atas nikmat, rahmat, hidayah dan inayah-Nya kita dapat berkumpul disini pada momen yang berbahagia ini dalam rangka orientasi pengenalan akademik dan kemahasiswaan fakultas syariah, Semoga acara pada hari ini dan besok dapat berjalan dengan lancar, aman, dan penuh kasih sayang, tanpa ada bentakan dan juga kekerasan, semoga semuanya selalu diberi kesehatan. Amiin

Shalawat serta salam kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu mewarnai kehidupan kita dan selalu menginspirasi  semangat juang kita dalam menegakkan syari’ah-Nya serta  membangun bangsa Indonesia sehingga menjadi bangsa yang bermoral dan bermartabat dengan bercirikan Islam Indonesia yang damai sesuai dengan visi dan misi  fakultas syari’ah  juga visi misi IAIN Salatiga. Kompetitif, berklualitas dalam pendalaman dan pengembangan ilmu-ilmu hukum Islam yang  berwawasan keindonesiaan demi kemajuan peradaban secara damai dan bermartabat

Selanjutnya saya ucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru, para intelektual muda, para calon pemimpin bangsa dan pemimpin umat, calon hakim, advokat, madiator, bankir dewan pengawas syari’ah, politikus muslim, ahli falak, serta wirausahawan yang profesional, bermoral dan bermartabat.

Selamat bergabung di fakultas syariah IAIN Salatiga ini, kami semua merasa sangat bangga, sangat senang dan juga terharu dengan kehadiran 230 mahasiswa baru   yang tersebar di jurusan AS, Jurusan HES dan juga jurusan HTN.

Saya yakin kehadiran mahasiswa baru ini akan menjadikan fakuktas syariah semakin jaya, semakin maju dan semakin berkembang …. hidup fakultas syariah….hidup Fakultas Syariah….Okey

Kami yakin  para mahasiswa baru ini memiliki semangat yang tinggi dalam belajar, dalam mencari ilmu terutama ilmu-ilmu yang bisa mengantarkan kehidupan yang sejahtera dunia dan akhirat. Dalam hal ini ilmu hukum Islam dan juga hukum positif.

Tak bisa disangka yang paling menggembirakan bagi kami ternyata kehadiran 230 mahasiswa baru ini disambut dengan keberhasilan para dosen dalam  memperjuangkan gelar sarjana syariah setara dengan sarjana hukum lainya. Berdasarkan PMA RI No 33 Tahun 2016 tentang gelar akademik Perguruan Tinggi Keagamaan gelar Sarjana Syariah yang awalnya bergelar S.Sy kini berubah dan setara dengan fakultas hukum yaitu SH (Sarjana Hukum). Dengan berubahnya gelar ini semoga para alumni semakin memiliki rasa percaya diri yang tinggi serta memiliki prospek  kerja yang lebih luas dibanding tahun-tahun sebelumnya. Walau tidak menutup kemungkinan banyak juga alumni yang sudah berhasil dan sesuai dengan  kompetensinya.

Gelar SH sangat pantas disandang oleh sarjana dari fakultas syari’ah mengingat banyak mata kuliah hukum positif yang diajarkan disamping hukum-hukum Islam.  Mulai dari PIH, HAN, HTN, Hukum pidana, hukum perdata, hukum acara, hukum dagang, agraria dan lain-lain.

Selama kurang lebih empat tahun atau delapan semester Saudara-saudara akan bersama-sama belajar dengan para dosen yang sangat kompeten sesuai dengan bidangnya masing-masing. Saudara akan diajak bersama belajar menganalisa serta mengkritisi perjalanan dan perkembangan hukum serta Undang-undang bahkan juga berbagai kasus hukum yang terjadi di masyarakat. Sesuai dengan tema opak fakultas syari’ah sebagaimana tersebut …..maka yakinlah dengan memohon kepada Allah SWT Saudara bisa menjadi praktisi hukum yang handal dan profesioanl. Bahkan Saudara akan menjadi sarjana hukum yang memiliki nilai plus. Kenapa…karena selain memiliki kompetensi dalam bidang hukum positif saudara juga memiliki  segudang kompetensi dalam bidang hukum Islam. Mulai dari thaharah sampai pada masalah jinayah.

Para Mahasiswa Baru yang berbahagia dan yang kami cintai,

Sesuai dengan fakultas yang saudara-saudara pilih yakni faklutas syari’ah, saya yakin saudara akan mampu menjadi mahasiswa yang sportif, yakin, amanah, Ramah, Iman, Adil demi terwujudnya masyarakat kampus yang humanis dan harmonis.

Sportif artinya jadilah mahasiswa yang tegas jujur dan dewasa, tidak mudah menyerah, dan kesatria

Yakin artinya jadilah mahasiswa yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi namun tetap mengacu pada norma-norma yang ada dan berlaku, dengan membangun image yang poistif kepada seluruh civitas akademika khususnya di lingkungan fakultas syari’ah dan IAIN pada umunya.

Amanah artinya jadilah mahasiswa yang selalu bisa amanah bisa dipercaya oleh orang tua, dosen, teman sejawat, masyarakat dan lain-lain. dengan berlatih menjadi mahasiswa yang amanah ini maka ibu yakin nanti akan mejadi sarjana syari’ah yang bergelar sarjana Hukum yang akan dipercaya oleh masyarakat di lingkungan Saudara-saudara bertempat tinggal

Ramah jadilah mahasiswa yang selalu bersikap sopan dan santun, menghormati dosen, menghormati senior, menghargai dan menyayangi adek-adek kelas, dan selalu menebar keramahan di mana saja Saudara berada dengan salam dan senyum dengan penuh kasih sayang.

Iman jadilah mahasiswa memiliki iman yang kaut aqidah yang lurus yang mencerminkan bahwa Suadara-Saudara adalah mahasiswa Fakuktas Syariah yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai aqidah Islam jauh dari nilai-nilai yang bertentangan dengan aqidah Islam, pegang teguh iman Saudara dalam hati, dan buktikan dengan amal perbuatan.

Adil artinya berbuatlah dan bersikaplah adil sesuai dengan peraturan-peraturan yang telah menjadi kesepakatan bersama dalam lingkungan fakultas maupun institute maupun ormawa fakuktas dengan tidak membeda-bedakan ras, dan juga etnis.

Humanis dan Harmonis jadilah mahasiswa yang memiliki sikap yang humanis juga harmonis sehingga Sauadara akan menjadi mahasiswa yang disegani, dan dihormati tidak hanya dilingkungan fakultas dan isntitut tapi juga lingkungan masyarakat baik yang ada di Salatiga, jawa tengah maupun tingkat nasional.

Sikap humanis dan juga harmonis ini akan bisa sempurna jika tujuh kunci di atas yakni sportif, yakin, amanah, ramah, iman dan adil bisa betul-betul menjadi pijakan Saudara dalam berorganisasi. Ketujuh kata kunci tersebut tadi adalah merupakan rangkaian kata SYARI”AH

Para panitia juga mahasiswa baru yang berbahagia

Ketujuh kata kunci yang tergabung dalam kata syari’ah tersebut terapkan juga dalam kegiatan opak fakultas syariah ini. maka kita semua akan terhindar dari kekerasan, ketidak disiplinan, hukuman, dan berbagai rintangan yang akan muncul. namun kita tetap memohon kepada Allah seraya berdoa agar kita semua terlindungi dari berbagai rintangan dan selalu mohon perlindungan-Nya Al Fatihah

Selanjutnya izinkan kami untuk membuka OPAK Fakultas Syari’ah ini dengan bersama membaca Bismillahirrahmanirrahiim.

Terima kasih. Akhirul kalam.

Wassalmu’alikum