PELATIHAN PARALEGAL NASIONAL

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga Jawa Tengah mengadakan Pelatihan Paralegal Nasional bertema Peran Serta Paralegal dalam Pendampingan Realitas Hukum di Masyarakat di Kampus 3-IAIN Salatiga, Kota Salatiga (28/10/2017). Hadir sebagai Pemateri adalah Thalis Noor Cahyadi, Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPP-APSI), Agus Suprianto, Direktur Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) DPP APSI, M. Hasan dan Elwindi Febrian.

Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Syariah IAIN Salatiga, Dr. Siti Zumrotun, M.Ag. Sebelum membuka acara beliau sempat menyatakan bahwa Pelatihan ini sangat penting bagi kompetensi mahasiswa Fakultas Syariah, terlebih nantinya akan bermanfaat untuk memperoleh Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi mahasiswa yang akan wisuda. Penyandang Doktor bidang Studi Islam dari UIN Sunan Kalijaga ini juga menyatakan keinginannya bekerjasama dengan DPP APSI dengan kegiatan-kegiatan berupa pelatihan umtuk menunjang kompetensi mahasiswa hingga Pendidikan Profesi Advokat Bagi lulusan sarjana Fakultas Syariah IAIN Salatiga.

Ketua Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI), Sukron Ma’mun, S.H.I., M.Si. memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas terselanggaranya Pelatihan Paralegal Nasional ini, karena menurutnya acara seperti ini sangat dibutuhkan bagi mahasiswa Fakultas Syariah yang nantinya akan bergelar Sarjana Hukum (SH), guna memperkuat kemampuan mahasiswa dalam bidang hukum khususnya Advokasi Syariah.

Dalam pelatihan Paralegal Nasional ini diikuti lebih dari seratus mahasiswa dari Fakultas Syariah IAIN Salatiga dan Mahasiswa Fakultas Syariah dari berbagai kampus di wilayah Jawa Tengah, dengan materi-materi advokasi, mediasi sosial, teknik pendampingan perkara pidana, teknik penyelesaian perkara perdata serta materi lainnya.

“Acara tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam serta pembekalan kepada mahasiswa Fakultas Syariah dalam menghadapi realitas dalam masyarakat”, ujar ketua panitia Andika Amrul Khaq Ais.

Sementara Ketua HMJ Hukum Keluarga Islam (HKI), Budiyono menyatakan bahwa acara tersebut merupakan salah satu program kerja andalan yang dapat menjadi penyumbang kebutuhan ilmu dan pengalaman bagi mahasiswa Fakultas Syariah yang mungkin tidak didapatkan di kelas-kelas perkuliahan. Selanjutnya ia juga berharap acara semacam ini dapat diselenggarakan kembali di tahun-tahun yang akan berikutnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *