KARISMATIK TEKNOLOGI PENENTU WAKTU KINI HADIR DI FAKULTAS SYARI’AH IAIN SALATIGA

Salatiga-Sebelum dunia ini mengenal berbagai jam analog maupun digital, sudah jauh dahulu umat islam mengenal teknologi sederhana dalam menandai masuk dan berakhirnya waktu ibadah shalat.

Teknologi sederhana tersebut dikenal dengan beragam nama seperti jam bencet, jam matahari dan jam istiwak. Jam bencet dipasang melalui proses menunggu waktu istiwak yang bisa dilakukan dijam 09.00 atau jam 12.00 dan jam 15.00 tutur KH. Syeh Misbachul Munir Al Falakiy, ahli falak indonesia.

Beliau juga menuturkan bahwa “Jam bencet ini kerjanya untuk menunjukan waktu dengan mengetahui posisi Matahari dan ini sudah dipakai sejak jaman kuno”.

Merasa begitu pentingnya alat tersebut untuk mengenal sejarah dan menambah ilmu akademika, Fakultas Syari’ah yang diprakarsai oleh Ikatan Alumni Fakultas Syari’ah (IKAFASA) tahun 2018 memberikan kenangan-kenangan jam bencet yang sudah bisa dilihat terpasang halaman selatan Masjid Kampus 2 IAIN Salatiga, Senin 23 April 2018.

Senada dengan hal tersebut Dekan Fakultas Syariah IAIN Salatiga Dr. Siti Zumrotun, M.Ag menyampaikam pemasangan jam bencet selain untuk menunjang kegiatan akademik, pemasangan jam bencet juga sebagai momentum memompa kembali semangat jiwa pembelajaran Ilmu Falak di IAIN Salatiga yang sebelumnya telah dirintis oleh KH.Zubair Umar Al-Jailani Ahli Falak sekaligus Pendiri IAIN Salatiga.

Bagi mereka alumni Fakultas Syariah juga merasa bangga bisa memberikan kenang-kenangan yang bisa memberikan manfaat dari banyak arah. (Hijri/Syari’ah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *