F. Syari’ah IAIN Salatiga Tandatangani MoU dengan KPU DIY

Yogyakarta 09/10/19-Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta menandatangani Perjanjian Kerjasama terkait pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Aula KPU DIY, Rabu (9/10/2019).

Dekan Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga, Dr. Siti Zumrotun, M.Ag menyambut baik kerjasama ini, sebab kampus yang dibesutnya’ menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari KPU untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam demokrasi khususnya dalam pemilu dan peningkatan SDM. Ia menyampaikan, sejumlah program akan dilaksanakan yang mencakup bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang juga merupakan pilar tridharma perguruan tinggi, tentunya dalam mendorong kualitas demokrasi yang semakin baik dan agar segenap mahasiswa dan lulusan Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga mampu berinteraksi dan berkiprah di masyarakat dalam upayanya pemberdayaan sosial politik.


“Diharapkan melalui kerjasama ini dapat menjadi wadah wawasan bagi mahasiswa untuk  menghasilkan penyelenggaraan pemilu profesional dan kampus ikut berkontribusi dalam mengedukasi masyarakat, termasuk mahasiswa IAIN Salatiga akan ikut terlibat dalam bentuk penelitian, praktikum dan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) tematik terkait kepemiluan,” terangnya.

Hamdan selaku Ketua KPU Provinsi DIY, menyambut baik dengan adanya MoU tersebut. Karena dalam upayanya sosialisasi masyarakat ada pihak Perguruan Tinggi yang peduli dengan pendidikan politik dan demokrasi. Diharapkan dengan adanya MoU yang telah ditandatangani kedua belah pihak akan mampu meningkatkan partisipasi pemilih dan meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia sehingga agenda 5 tahunan demokrasi baik pilkada maupun pileg dan pilpres dapat berjalan dengan baik, transparan, berintegritas dan berkualitas.

Sementara, Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan menyampaikan, KPU dalam meningkatkan kualitas penyelenggara pemilu yang memiliki tantangan dan beban yang besar, menurutnya salah satu upaya yang bisa dilakukan, melalui kerjasama dengan berbagai pihak, IAIN Salatiga disebutnya diharapkan bisa menjadi bagian dalam meningkatkan kualitas pemilu.

”Salah satu upaya yang dapat menghasilkan penyelenggara pemilu berkualitas melalui sosialisasi dan pendidikan, kita yakin Perjanjian Kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas pemilu,” jelasnya.

Agenda penandatanganan MoU sendiri merupakan rangkaian dari KPU DIY Goes to Campus yakni melakukan dialog kepemiluan.

Pengumuman PMB Fakultas Syari’ah Jalur Undangan III Tahun 2019


Berdasarkan pemeriksaan berkas yang diterima dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur undangan gelombang III, maka kami Dekan Fakultas Syari’ah menyatakan dan menetapkan bahwa nama-nama yang tercantum di lampiran ini telah memenuhi persyaratan menjadi calon mahasiswa di Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020. Adapun proses selanjutnya akan diumumkan melalui website.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Berikut lampirannya bisa di download