Dorong Awareness Mahasiswa dalam Isu Hukum dan HAM, Dosen Fakultas Syariah IAIN Salatiga Luncurkan Buku Baru

Salatiga-Salah satu dosen Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah (FaSya) IAIN Salatiga, Cholida Hanum, M.H meluncurkan buku “ Hukum dan HAM: Perkembangan dan Perdebatan Masa Kini” Kegiatan launching buku  ini juga dirangkai dengan acara bedah buku yang dilaksanakan pada Selasa, 6 April 2021, secara luring dan daring. Acara diikuti dari berbagai peserta antara lain mahasiswa, dosen, peneliti, pegiat HAM  dan khalayak umum. Kegiatan yang bekerja sama dengan Perpustakaan IAIN Salatiga tersebut melibatkan narasumber, Ambar Setiyani, S.E., M.S.I (Peneliti Percik Salatiga) dan Cholida Hanum, M.H yang merupakan penulis dari buku ini.

Cholida dalam paparannya menyebutkan bahwa pembuatan buku ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan akademik yang dirasakan oleh penulis, sebab masih sedikitnya buku referensi terkait hukum dan HAM sebagai rujukan para mahasiswa sekaligus pegiat isu HAM di Indonesia. Selain itu, dengan diterbitkannya buku ini menjadi sumbangsih penulis dalam upaya advokasi isu-isu HAM yang semakin menggejala saat ini. Harapan dari penulis, bahwa dengan adanya buku ini dapat meningkatkan awareness bagi mahasiswa sekaligus masyarakat untuk ikut bersinergi dalam menjaga, melindungi dan mengawal Implementasi Hak Asasi Manusia di Indonesia.

 

Dibuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Undangan Fakultas Syariah IAIN Salatiga Tahun Akademik 2021/2022

Assalamualaikum Wr.Wb.

Telah dibuka Pendaftaran Mahasiswa Baru JALUR UNDANGAN Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga Tahun Akademik 2021/2022. Pendaftaran : 01 s/d 30 April 2021, Seleksi Berkas : 01 Mei s/d 16 Juni 2021, dan Pengumuman : 17 Juni 2021.

Pilihan Program Studi:
1. Hukum Keluarga Islam (HKI) Akreditasi B
2. Hukum Ekonomi Syariah (HES) Akreditasi A
3. Hukum Tata Negara (HTN) Terakreditasi B

Pendaftaran jalur undangan secara *on-line bisa langsung mengisi formulir melalui link googleform di bawah ini:

https://forms.gle/dHaARtt3pEyZwJPg7

Adapun Berkas yang harus diupload di google form adalah:
1. Scan Raport 2 Semester Terakhir
2. Scan Kartu Keluarga
3. Scan Kartu Tanda Penduduk
4. Scan Surat Rekomendasi Kepala Sekolah
5. Scan Sertifikat Juara/Penghargaan (Jika Ada)
6. Foto diri bebas sopan

Contact Person:
Nastangin : 085 641 484 023
Ali Gebe    : 085 697 888 853

Alamat:
Kampus II Fakultas Syari’ah
Jl. Nakula Sadewa VA No. 9 Kembangarum Dukuh Salatiga

NB: Brosur Pendaftaran Mahasiswa Baru Fakultas Syari’ah dapat di unduh melalui link dibawah ini:

http://syariah.iainsalatiga.ac.id/wp-content/uploads/2021/02/Brosur-syariah-2021.pdf

Profil Fakultas Syari’ah bisa dilihat melalui link dibawah ini:

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Fakultas Syariah IAIN Salatiga Terima Studi Banding dari STIA Al Hidayah Bogor

Salatiga-Fakultas Syariah (FaSya) IAIN Salatiga kembali menerima kunjungan studi banding dari kampus lain. Adalah STAI Al Hidayah Bogor yang kali ini berkunjung melakukan studi banding. Kunjungan studi banding tersebut dilaksanakan pada Kamis tanggal 1 April 2021. Tim STAI Al Hidayah Bogor berjumlah 6 orang yang dikomandani Ketua STAI AL Hidayah yakni Dr. Unang Wahidin, M.Pd.I dan anggota tim pengunjung lainnya ialah Muhamad Priyatno, M.Pd.I ( Wakil Ketua 1 Bidang Akademik), Dr. Fachri Fachrudin, M.E.I (Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan), Muslim, S.Pd.I., M.M (Ketua Prodi Hukum Keluarga Islam), Dr. Sujian Suretno, S.Th.I., M.M (Tim LPM STAI Al-Hidayah), Agus Mailana, M.Kom (Kepala IT). Tim STAI Al Hidayah diterima secara langsung oleh Dekan FaSya IAIN Salatiga di Aula  FaSya IAIN Salatiga.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan selama lebih dari 5 jam tersebut, rombongan STAI AL Hidayah Bogor berdiskusi seputar kebijakan-kebijakan yang ada di FaSya IAIN Salatiga dalam pengembangan kampus sehingga menjadi salah satu Fakultas terfavorit di IAIN Salatiga yang merupakan kampus IAIN terbaik di Indonesia.Lebih spesifik studi banding tersebut berkaitan dengan Penyusunan Kurikulum Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI), Pengelolaan Jurnal di FaSya IAIN Salatiga, serta Proses Sistem Penjaminan Mutu Internal di Prodi HKI maupun Fakultas Syariah .

Sementara itu, Dekan FaSya IAIN Salatiga, Dr. Siti Zumrotun, M.Ag menanggapi positif dengan adanya studi banding tersebut. Karena banyak hal yang bisa di-sharing-kan di antara kedua lembaga demi kemajuan bersama.

LKBH FaSya IAIN Salatiga Jalin Kerjasama dengan Pengadilan Agama Kota Salatiga

Salatiga-Pengadilan Agama Salatiga dan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang Mediator Non Hakim di Pengadilan Agama (PA) Kota Salatiga, Rabu (31/03/2021) di Kantor PA Kota Salatiga

Direktur LKBH IAIN Salatiga, M. Yusuf Khumaini, S.H.I., M.H., C.M. dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih kepada Ketua PA Salatiga yang telah memberikan ruang mengabdi bagi mediator-mediator non hakim bersertifikat dari LKBH IAIN Salatiga agar bisa bermanfaat bagi para pencari keadilan. Beliau juga berharap perjanjian ini agar bisa terjalin sampai tahun-tahun berikutnya sehingga tujuan mediasi sebagai salah satu sarana penyelesaian perkara bisa tercapai.

Ketua PA Salatiga Drs. Khairuddin, M.H. mengawali sambutan dengan mengucapkan selamat kepada LKBH IAIN Salatiga yang telah rela membantu masyarakat dari sebelum berbadan hukum hingga telah badan hukum pada tahun 2018 dan hingga saat ini dapat mengabdi sebagai mediator Non Hakim di PA Salatiga. Ucapan terimakasih juga disampaikan beliau karena LKBH IAIN Salatiga bersedia memberikan inovasi pelayanan dengan melakukan mediasi tanpa berbayar di PA Salatiga. Beliau menyampaikan kepada seluruh Mediator Non Hakim agar dalam bekerja selalu berpedoman kepada PERMA Nomor 1 Tahun 2016, dan memiliki banyak planning dalam melaksanakan mediasi, sehingga mediasi dapat berhasil dilaksanakan (damai).

Dalam penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut disaksikan juga oleh, Panitera, Sekretaris, serta seluruh Panitera Muda PA Salatiga.

Dengan penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut, mulai tanggal 31 Maret 2021 Pengadilan Agama Salatiga resmi memiliki Mediator Non Hakim sebanyak 8 (delapan) orang sebagai berikut:
1. M. Yusuf Khummaini, SHI., MH., CM.;
2. Dr. Siti Zumrotun, M.Ag., CM.;
3. Nurrun Jamaludin, SHI., MHI., CM.
4. Farkhani, SHI., SH., MH., CM.
5. Cholida Hanum, MH., CM.
6. M. Taufiq Zamzami SHI., MA., CM.
7. Sifaul Amin, SH., MH., CM.
8. Endang Sriyani, SHI., MH., CM.

Sumber: https://www.instagram.com/p/CNSQyIzniR7/?igshid=12diqwyrqzhsg