Livia Setyawati: Mahasiswa Beasiswa Bidik Misi Fakultas Syariah Dari Anak Petani Yang Menjadi Juara

FaSyaIAINSalatiga-Livia Setyawati asal dari Wonosobo dan terlahir dari keluarga sederhana yang mempunyai 4 saudara, merasa bersyukur sekali bisa menempuh Pendidikan tinggi dengan dibantu beasiswa bidikmisi. Menjadi mahasiswi Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas¬† Syari’ah (FaSya) IAIN Salatiga Yang sedang menempuh perkuliahan pada semester 5, telah meraih juara pada lomba menulis Cerpen dan Esay dengan tema “nurani santri dalam narasi” dalam acara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Komunitas Pelataran Sastra Kaliwungu pada 20-21 Oktober 2020. Lomba terselenggara secara on-line dengan ketentuan peserta mengirim satu naskah pribadi berbentuk esai atau cerpen yang tidak mengandung sara dan kebencian.

Adanya covid-19 berdampak disemua bidang termasuk Pendidikan yang menggunakan system daring, kuliah daring membuat Livia mempunyai banyak waktu luang, dan atas saran Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. H. Illya Muhsin, M.Si untuk mengikuti lomba esai dalam rangka Hari Santri Nasional.

Pengakuan Livia saat bercerita sebenarnya tidak begitu optimis untuk mendapatkan juara, karena Livia mulai mengerjakan lomba sudah H-1 dari penutupan pengiriman karya, tetapi dengan usaha maksimal dan berdoa alhamdulillah dia bisa mendapatkan juara 1 dalam lomba esai tersebut. Dia memberikan pesan kepada teman-teman mahaiswa lainnya bahwa “Segala sesuatu jika dilakukan dengan usaha maksimal dan tawakal insyaAllah akan tercapai dengan baik. Sebagai pelajar harus selalu menempa diri dan haus ilmu salah satunya dengan mengikuti perlombaan dan berkarya,” pungkasnya.